ads
Monday, May 29, 2017

May 29, 2017
2

Fathimah adalah putri bungsu Rasulullah, buah dari perkawinan beliau dengan Khadijah. Fathimah lahir lima tahun sebelum sang Ayah diangkat menjadi nabi. Ketika usianya beranjak dewasa, Fathimah dipersunting oleh sepupu Rasulullah, yaitu Ali bin Abi Thalib. Dari pernikahannya dengan Ali bin Abi Thalib, Fathimah dianugerahi lima orang anak, yaitu Hasan, Husain, Muhassin, Zainab, dan Ummu Kultsum.
Hasan dan Husain sangat dicintai oleh sang Kakek, yaitu Rasulullah Saw. Sementara Muhassin meninggal dunia saat masih kecil. Ada pula yang menyebut, dia meninggal saat dalam kandungan. Adapun Zainab diperistri oleh sepupunya, yaitu Abdullah bin Ja’far bin Abdul Muththallib. Sementara Ummu Kultsum dinikahi oleh Umar bin Khattab.
Berbicara tentang pernikahan Ummu Kultsum dengan Umar bin Khattab, ada hal menarik yang layak kita ingat dan catat. Apakah itu? Yaitu, kisah sebelum Fathimah, ibunda Ummu Kultsum, dinikahi oleh Ali bin Abi Thalib.
Sebelum menikah dengan Ali bin Thalib, Fathimah pernah dilamar oleh Abu Bakar juga Umar bin Khattab, namun kedua lamaran itu tidak membuahkan hasil. Sampai akhirnya Rasulullah menerima lamaran dari Ali bin Thalib. Dengan demikian, kedudukan Umar bin Khattab --selain sebagai sahabat Nabi—adalah:
1.   Besan Rasulullah karena Hafshah, putri Umar, dinikahi oleh Rasulullah.
2.   Menantu dari Fathimah binti Rasulullah, yang dulu pernah dilamar oleh Umar namun gagal.
Pernikahan Umar bin Khattab dengan Ummu Kultsum binti Ali bin Abi Thalib terjadi pada tahun 17 H. Saat itu Ummu Kultsum berusia sekira 11 tahun.
Kembali ke figur sentral kita, yaitu Fathimah; putri bungsu Rasululllah ini meninggal enam bulan setelah Rasulullah wafat. Dia meninggal dalam usia 28 tahun. Saat itu bertepatan dengan 13 Ramadhan tahun 11 Hijriah.
Baca juga: Bisikan Rasulullah ke Telinga Fathimah

2 comments:

mahbub ikhsan said...

nyesek rasanya membaca kisah2 parakekasih Allah

Irham Sya'roni said...

Semoga kita bisa menjadikan cermin keteladanan, ya, Mas.