ads
Saturday, October 5, 2019

October 05, 2019

Pertanyaan

Dalam kitab Safinatun Najah disebutkan bahwa salah satu syarat membaca Surah al-Fatihah saat shalat adalah tidak menyisipkan bacaan dzikir lain di tengah al-Fatihah. Bagaimana jika di tengah-tengah membaca al-Fatihah saya bersin, apakah tetap disunnahkan membaca Alhamdulillah? Jika saya membaca Alhamdulillah, apakah dinilai telah menyisipkan bacaan dzikir lain di tengah al-Fatihah?
(Haedar Ahmad Hanafi)

Jawaban
Orang bersin saat shalat tetap disunnahkan membaca Alhamdulillah. Akan tetapi, membacanya secara sirr (dengan suara pelan/lirih; tidak keras). Begitu pula apabila bersinnya di tengah-tengah membaca Surah al-Fatihah, tetap disunnahkan membaca Alhamdulillah. Namun, Anda harus mengulang al-Fatihah lagi dari awal karena terbilang telah menyisipkan bacaan dzikir lain, yakni bacaan Alhamdulillah, di tengah-tengah al-Fatihah.
Yang dimaksud dengan “bacaan dzikir lain” (dzikr ajnabiy) adalah bacaan-bacaan yang tidak ada hubungan dengan kemaslahatan shalat. Adapun dzikir yang memiliki hubungan kemaslahatan dengan shalat maka tidak apa-apa. Tidak perlu mengulang membaca Fatihah dari awal. Contohnya, di tengah-tengah makmum sedang membaca Fatihah, dia mendengar imam selesai membaca Fatihah, maka si makmum membaca aamiin. Walaupun Fatihah si makmum terputus disebabkan membaca aamiin, dia tidak perlu mengulang lagi Fatihah dari awal. Alasannya, karena bacaan aamiin memiliki hubungan dengan kemaslahatan shalat.

Referensi
Sayyid Ahmad bin Umar asy-Syathiri, Nailul Raja’ bi Syarhi Safinatin Naja’, (Libanon & Jeddah: Darul Minhaj, 2007), hlm. 173 dan 176.




Ahmad Sahal bin Abi Hasyim Muhammad Mahfudh Salam al-Hajini (KH. Sahal Mahfudh), Faidhul Hija 'ala Nailir Raja Manzhumah Safinatin Naja, (Indonesia: tp, tth), hlm. 68.


Muhammad bin Ali bin Muhammad Ba’athiyah ad-Du’ani, Ghayatul Muna Syarh Safinatin Naja, (Hadramaut: Maktabah Tarim al-Haditsah, 2008), hlm. 320.
)و( الثاني )الموالاة( -أي: بين كلما ها- بأن يصل الكلمات بعضها ببعض، ولا يفصل إلا بقدر التنفس، فإنه إن فصل بين كلما ها أو آيا ها بسكوت فإن كان طويلاً ضر مطلقاً، وإن كان قصيراً لم يضر إلا إن قصد به قطع الموالاة، ولو كان الفاصل بين كلما ها ذكراً سواء أكان قرآناً أو غيره قل أو كثر، كالتحميد عند العطاس، وإجابة المؤذن، والتسبيح للداخل، ونحو ذلك؛ لأن الاشتغال يوهم الإعراض عن القراءة فيستأنفها، هذا كله إن تعمد، أما إذا وقع سهواً فلا يضر، نعم السكوت الطويل لا يضر إذا كان لعذر من جهل، أو سهو، أو إعياء، أو غلبة عطاس، أو سعال، أو تثاؤب، أو تذكر الآية التي بعدها. ولا يقطع الموالاة الذكر المسنون بين كلما ها إن تعلق بالصلاة، كتأمينه لقراءة إمامه، وسؤاله الرحمة إن سمع آية فيها ذكر الرحمة من إمامه ...

Zainuddin Ahmad bin Muhammad bin Abdul Aziz Al-Malibari, Fathul Mu’in (I’anah ath-Thalibin Juz 1, Karya Thoha Putra Semarang, hlm. 141)
(و) مع رعاية (موالاة) فيها بأن يأتي بكلماتها على الولاء بأن لا يفصل بين شئ منها وما بعده بأكثر من سكتة التنفس أو العي، (فيعيد) قراءة الفاتحة، (بتخلل ذكر أجنبي) لا يتعلق بالصلاة فيها، وإن قل، كبعض آية من غيرها، وكحمد عاطس - وإن سن فيها كخارجها - لاشعاره بالاعراض




0 comments: