Nasihat-Nasihat Umar bin Khattab


 Sekilas Tentang Umar bin Khattab
Dia adalah Umar bin Khaththab bin Naufal. Ibunda beliau bernama Hantamah binti Hasyim bin Al-Mughirah. Usia Umar bin Khattab lebih muda 13 tahun dari Rasulullah saw. Selain sebagai sahabat setia Rasulullah, Umar bin Khattab juga merupakan mertua beliau saw karena putrinya yang bernama Hafshah diperistri oleh Rasulullah.
Sebelum memeluk Islam, Umar adalah lelaki terdepan dan terkeras dalam memusuhi Islam. Rasulullah lalu berdoa, “Ya Allah, muliakanlah agama Islam ini dengan Umar bin Khattab.” Akhirnya, doa Rasulullah dikabulkan oleh Allah swt. Allah memberikan hidayah kepadanya sehingga dia masuk Islam, bahkan menjadi lelaki terdepan dalam menumpas kezaliman musuh-musuh Islam. Karena keberaniannya itulah dia sering dijuluki Singa Padang Pasir.
Umar bin Khattab wafat pada usia 63 tahun setelah menjabat sebagai khalifah selama 10 tahun. Ia wafat karena tikaman pedang Abu Lu’lu’ah, seorang budak milik Al-Mughirah bin Syu’bah.

Testimoni Rasulullah Terhadap Umar
Rasulullah saw bersabda, “Tidak ada satu pun malaikat di langit yang tidak menghormati Umar, dan tidak ada satu pun setan di atas bumi yang tidak takut kepada Umar (sejak dia masuk Islam).”
(Diriwayatkan oleh Ibnu Asakir dari Ibnu Abbas)

Beliau saw juga bersabda, “Sesungguhnya Allah menempatkan kebenaran di lidah dan hati Umar.”
(Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Abu Dzar)

Dalam sabda yang lain disebutkan, “Andaikata setelah aku ada nabi, pastilah dia adalah Umar.” (Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan Al-Hakim dari Uqbah bin Amir)

Nasihat-Nasihat Umar bin Khattab

1.        Orang yang banyak mengingat mati akan rela dengan sedikit rezeki dari dunia. (Dalam Adab Ad-Dunya wa Ad-Din, Imam Al-Mawardi)

2.      Orang yang paling berakal adalah yang rajin mengintrospeksi diri sendiri. (Dalam Mutiara Hikmah Kekasih Rasul, Hani Al-Hajj)

3.      Kalian jangan sampai tertipu oleh puasa dan shalat seseorang, tetapi perhatikanlah kejujuran, keamanahan, dan sifat wara’-nya. (Dalam Mutiara Hikmah Kekasih Rasul, Hani Al-Hajj)

4.      Bersikap simpatik terhadap orang lain adalah bagian dari kecerdasan akal, bertanya dengan cara yang baik adalah bagian dari ilmu, dan kepandaian me-manage adalah bagian dari penghidupan. (Dalam Nasha’ih al-‘Ibad, An-Nawawi Al-Bantani)

5.      Nilai seseorang dilihat dari agamanya. Fondasinya adalah akal, dan wibawanya terletak pada akhlaknya. (Dalam Mutiara Hikmah Kekasih Rasul, Hani Al-Hajj)


Sumber gambar: www.konsultasisyariah.com
Tulisan ini dipublikasikan ulang di www.dokumenpemudatqn.com 

 
Tag : Hikmah
Comments
32 Comments
32 Komentar untuk "Nasihat-Nasihat Umar bin Khattab"

Sesungguhnya dengan mempelajari kisah para sahabat nabi kita jadi dapat belajar betapa besar perjuangan mereka untuk Islam, sehingga kita sebagai generasi kini seharusnya malu karena banyak bersantai. Umar adalah salah satu sahabat favorit saya (selain Mush'ab, Khubaib dan Salman)


Blog KomTe-nya jadi gitu ya pak? mending yang dulu mudah komen dan mudah mencari artikel (@_@)/

Subhanalloh...menyejukkan sekali membaca nasihat2 Baginda Umar..utk poin ke-3, aku mau tny tadz..hub.nya gmn ya tadz, "jika sseorg baik shalatnya maka baik pula lah amalnya" mgkin poin ke 3 mksdnya shalat wlpn baik tp krn ada unsur riya' nya...gtu ya tadz? Apa gmn ya #msh agak bingungggg hehehe

sososk yang luar biasa, malaikatpun hormat dengan beliau..
pencerahan yang sangat bermanfaat :}

masya ALLAH ustadz nasehat-nasehat yang mulai jarang terdengar dari ulama'-ulama' di zaman sekarang...

Beliau memang tokoh yg sangat menginspirasi. Pantas diteladani. Ttg blognya KomTE, saya kurang tahu, Mbak, karena teman2 yg ngurus. mungkin memang trouble. coba nanti saya tanyakan kpd mereka.

postingan yang cukup bikin merinding . . .

subhanallah..
aku ijin copas beberapa nasihat Umar bin khatabb ku share di page-ku ya mas irham..
syukron :)

insya allah kalo punya anak maunya dikasih nama omar

aku sdh follow tlg followback n komen makasih

www.indogeria.blogspot.com

"Jika shalat seseorang baik maka baik pula amalnya", itu terjadi jika shalatnya zhahir dan bathin baik. Shalatnya bnr2 smpurna luar-dalam, bukan sekadar gerakan dan ucapan, melainkan bnr2 ketundukan kpd Sang yang Mahakuasa.
Nah, pesan Umar bin Khattab di atas mengingatkan kita agar jgn hanya melihat sisi lahiriah semata sehingga tdk membekas dlm jiwa dan tdk pula terejawantah dlm kehidupan shari2. terbukti sdh shalat tp ya tetep berkhianat, tetep doyan maksiat, tetep suka dusta, dst.

Alhamdulillah, semga bermanfaat, mas. beliau juga sosok yang sangat menginspirasi hidup sy

Semoga kita bisa meneladani sahabat Umar dan melaksanakan petuah2nya ya, mas.

Jadi teguran dan nasihat yang kuat buat kita ya, Aida.

Silakan, Mbak Enny. Dgn senang hati, semoga bermanfaat.

Nasihat Umar bin Khattab tersebut bagus sekali, Mas. Rasanya makjleb begitu. Makasih banyak ya, Mas.

Nama yang sangat bagus. Semoga bisa meneladani Umar bin Khattab dalam membela Islam dan beramal kebaikan. amin

Iya, Mas. Merenungkan nasihat beliau bnr2 terasa makjleb di hati ya, Mas.

SubhanAllah.. Khalifah Umar banyak meninggalkan nasihat berguna untuk umat Islam :)

Saya mampir, Ba.. mengantarkan sesuatu. Silakan dijemput :)
http://asree84.wordpress.com/2013/02/06/sunshine-award/

Masya Allah! Allahu Akbar!

sukses selalu ya buat blog nya

ijin berbagi kata motivasi yaa
" janganlah kau buat kekeliruan sebagai sesuatu alasan, dikarenakan semestinya ia jadi motivasimu tuk terus mengambil langkah ke depan"
thx :)

tepat untuk dijadikan inspirasi beliau ini :)

Semoga nasehatnya bisa terus mengingatkan saya :)

Bersikap simpatik terhadap orang lain adalah bagian dari kecerdasan akal, bertanya dengan cara yang baik adalah bagian dari ilmu, dan kepandaian me-manage adalah bagian dari penghidupan. (Dalam Nasha’ih al-‘Ibad, An-Nawawi Al-Bantani)
Subhanallah.

Setiap orang baik, pasti akan mewariskan banyak sekali kebaikan. Termasuk para khalifah ar-Rasyidin. benar begitu kan, Mbak Phie?

Subhanallah wasy-syukru lillah. Kita masih bisa mendapat warisan2 yg istimewa dr para shalih.

Terima kasih banyak atas supportnya.

Aamiin... semoga menjadi pengingat kita semua ya.

Semoga Allah membantu kita mengamalkan pesan2 mulia tersbut ya. aamiin

Menjadi teladan buat kita semua.
Saya juga menyukai gaya kepimpinan Umar bin Khatab ini.

Makasih udah mengulasnya buat ummat.

Sama-sama. Terima kasih kembali, ustadz.

Back To Top