ads
Friday, February 17, 2012

February 17, 2012
8
Untuk lebih menyempurnakan keberkahan hari Jum’at, ada beberapa amalan mulia sebelum seorang muslim melaksanakan shalat Jum’at. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Pertama, memotong kuku dan mencukur kumis.
Sebelum melaksanakan shalat Jum’at kaum muslim disunnahkan untuk memotong kuku dan mencukur kumis. Hal ini telah dicontohkan oleh Rasulullah saw. “Adalah Rasulullah saw memotong kuku dan mencukur kumis pada hari Jum’at sebelum beliau pergi shalat Jum’at.” (H.R. Al-Baihaqi dan At-Thabrani)
Hal ini kita lakukan untuk menambah kesempurnaan menyambut hari raya pekanan, Jum’at yang mulia, yaitu dengan membersihkan dan merawat diri.

Kedua, mandi, memakai wangi-wangian, dan pakaian terbaik.
Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang mandi pada hari Jum’at dan memakai pakaian terbaik yang dimiliki, memakai harum-haruman jika ada, kemudian pergi jum’at dan di sana tidak melangkahi bahu manusia lalu ia mengerjakan shalat sunnah, kemudian ketika imam datang ia diam sampai selesai shalat Jum’at maka perbuatannya itu akan menghapuskan dosanya antara Jum’at itu dan Jum’at sebelumnya.” (H.R. Ibnu Hibban dan Al-Hakim)

Bagaimana dengan kita yang biasanya kerja kantoran, misalnya? Biasanya dari tempat kerja kita langsung menuju  masjid untuk shalat Jum’at. Tidak ada waktu untuk mandi lagi. Tip ini mungkin bisa kita gunakan, yaitu ketika mandi pagi niatkan saja sebagai mandi sunnah untuk shalat Jum’at. Lalu ke tempat kerja gunakan pakaian yang baik.

Ketiga, sesegera mungkin mendatangi masjid.
Dari Abu Hurairah r.a. berkata, “Rasulullah bersabda, ‘Pada hari Jum’at di setiap pintu masjid ada beberapa malaikat yang mencatat satu per satu orang yang hadir shalat Jum’at sesuai dengan kualitas kedudukannya. Apabila imam datang atau naik mimbar maka para malaikat itu menutup lembaran catatan tersebut, lalu mereka bersiap-siap mendengarkan khotbah. Perumpamaan orang yang datang lebih awal seperti orang yang berqurban seekor unta gemuk; orang yang datang berikutnya seperti orang yang berqurban sapi; dan orang datang berikutnya seperti orang yang berqurban kambing; dan orang yang datang berikutnya seperti orang yang bersedekah ayam; dan orang yang datang berikutnya (kelompok akhir) seperti orang yang bersedekah sebutir telur.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Keempat, i'tikaf dan memperbanyak shalat sunnah sebelum khatib naik mimbar.
Abu Hurairah menuturkan bahwa Nabi Muhammad saw bersabda, “Barangsiapa mandi kemudian datang untuk shalat Jumat, lalu ia shalat semampunya dan dia diam mendengarkan khotbah hingga selesai, kemudian shalat bersama imam maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya ditambah tiga hari.” (H.R. Muslim)

Kelima, tidak duduk dengan memeluk lutut ketika khatib berkhotbah.
Sahl bin Mu’ad bin Anas mengatakan bahwa Rasulullah saw melarang al-habwah (duduk sambil memegang lutut) pada saat shalat Jum’at ketika imam sedang berkhotbah.” (H.R. Abu Dawud dan Tirmidzi)

Keenam, mendengarkan khotbah.
Wajib hukumnya untuk diam mendengarkan khotbah dan memperhatikan apa-apa yang disampaikan dalam khotbah tersebut. Rasulullah saw bersabda, “Apabila kamu berkata kepada rekanmu ‘diamlah!’ pada hari Jum’at sementara imam sedang khotbah maka sungguh kamu telah berbuat sia-sia.” (H.R. Muttafaqun ‘Alaih)

8 comments:

Unknown said...

ada tips ndak pak,bagaimana caranya supaya kita tidak mengantuk saat jum'atan??
meskipun sudah mandi,sebelum jum'atan saya tetep kantuk ketika dimasjid,sementara saya sendiri tidak penggemar kopi.

salam kenal,jangan lupa main ke blog saya ya pak,kalo berkenan follow back me

Irham Sya'roni said...

@de hoppus Ada dua kemungkinan ngantuknya, mas. pertama karena Jenengan yg memang kecapean shgga ngantuk. Kedua karena khotibnya dan materi khotbahnya kurang menarik, shgga bikin males dengerin. Lalu jadi ngantuk deh. Heheh...

Salam kenal juga, mas. Saya sudah folback. Bagus blognya. aku suka motif batiknya.

Unknown said...

Mas irham:
kalo capek sih mungkin ndak mas,soale hari jum'at banyak waktu senggangnya kadang sebelum jum'atan saya tidur dulu kog..
mungkin memang khotib dan materi khotbahnya yang kurang menarik mas,meskipun sudah mencoba mendengarkan dengan seksama tetap saja ngantuk menyerang,dan anehnya lagi setelah selesai jum'atan,di buat tidur ntu malah ndak mau mas...hehehehe...

terimakasih mas Folback nya...

Irham Sya'roni said...

@de hoppus hehehe.... Senang bisa bersahabat dgn jenengan. Motif batiknya jg bikin aq kesengsem.

Annur Shah said...

hihi... ilmu lagi...

oia saya pasang link saudara di blog saya, biar rame

Unknown said...

@Irham Sya'roni saya juga senang bisa bersahabat dengan mas Irham...
maklum mas saya masih pemula mas,jadi masih perlu bimbingan untuk bloging...

Irham Sya'roni said...

@Annur EL- Kareem Wah, senang sekali bisa ikut bikin suasana rame. makasih banyak ya.

Irham Sya'roni said...

@de hoppus Sama-sama, Mas. Mari saling berkawan, bersahabat, bersaudara, menasihati, dan saling membantu untuk pengembangan blogging.