ads
Thursday, January 10, 2019

January 10, 2019
2

“Berkaryalah sesuai apa yang kalian suka!” kataku kepada kedua anak saya, Babel dan Ewa.
Babel buru-buru mengambil pensil dan pewarna. Ternyata dia sedang ingin menggambar.
“Gambarlah apa pun yang ingin kamu gambar!” kataku.
Sementara adiknya, Ewa, sigap mengambil pensil dan selembar kertas kosong.
“Mau bikin apa, Dik?” tanyaku.
“Mau menulis cerita,” katanya.
Hari itu, untuk mengisi liburan sekolah, si Kakak asyik menggambar dan si Adik sibuk menulis cerita. Setelah karya mereka rampung, aku kirimkan dua karya berbeda jenis itu ke redaksi Surat Kabar Harian (SKH) Kedaulatan Rakyat di Jl. P. Mangkubumi No. 40 - 46. Yogyakarta, selatan Tugu Jogja.
Alhamdulillah, dua-duanya berhasil dimuat di SKH Kedaulatan Rakyat. Karya Ewa dimuat pada Minggu Kliwon, 16 Desember 2018, halaman 13. Dua minggu kemudian (Minggu Wage, 30 Desember 2018) karya Babel juga menyusul nongol di halaman 13.
Mereka memang akan mendapatkan honor dari redaksi atas karya mereka, tetapi bukan itu tujuan saya. Honor hanyalah bonus! Yang terpenting adalah bagaimana mereka memahami pentingnya memanfaatkan waktu dengan kegiatan-kegiatan positif, edukatif, dan bermanfaat. Tidak membuang waktu secara percuma.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Di antara tanda kebaikan keislaman seseorang adalah dia meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat baginya.” (HR. at-Tirmidzi no. 2318)


 


 


2 comments:

Wakhid Syamsudin said...

Dih keren... Itu kirimnya via email apa pos, Pak?

Irham Sya'roni said...

@Suden Basayev: saya kirim langsung ke kantor redaksinya, Mas. Tapi, dulu pernah juga via pos.