ads
Wednesday, May 23, 2018

May 23, 2018
2

Mengaji itu harus istiqamah, ikhlas, dan sungguh-sungguh. Begitulah prinsip pendidikan dan pengajaran yang diajarkan oleh guru-guru saya sedari dulu. Manakala saya menerima amanah untuk (mengajar) mengaji, sejatinya di balik penerimaan itu terselip ikrar dan jaji diri untuk menunaikannya secara istiqamah, ikhlas, dan sungguh-sungguh.
Salah satu amanah (mengaji) yang dilimpahkan kepada saya adalah mengajarkan kitab Ta’limul Muta’allim, kitab Bidayatul Hidayah, dan mengajarkan al-Qur’an. Memang tidak banyak orang yang mengikutinya. Tetapi, mengajar mengaji itu tidak ada hubungannya dengan kuantitas orang yang mengikutinya. Seberapa pun orang yang mengaji, kita harus melayaninya dengan suka cita, ikhlas, istiqamah, dan bertanggung jawab.
Alhamdulillah, kajian kitab Ta’limul Muta’allim setiap malam Senin yang diikuti sembilan anak (semestinya sebelas anak) sudah khatam beberapa hari sebelum Ramadan.



Dari kiri: Lu’lu’un Nafisah, Laily Hidayati, Zakiya Tunnaja Nur Halisa, Rika Huriah, Saya, Zaky Nur Ihsan, Haedar Ahmad Hanafi, dan Louis Prima Negara. Ada dua anak yang tidak bisa ikut dalam khataman tersebut karena berhalangan. Mereka adalah Nur Aini Azizah dan Arbi Widiyono.

Usai khataman dan berdoa, dilanjutkan dengan makan bersama. Orang Bantul menyebutnya "Kembulan" (makan bersama dalam satu wadah).



 
 
 


Begitu pula kajian Bidayatul Hidayah, beberapa hari menjelang Ramadan sudah kami khatamkan. Kajian setiap malam Jum’at ba’da Maghrib ini telah berlangsung sekira dua tahun. Sekhatam Bidayatul Hidayah, selepas Syawal, insyaAllah akan saya mulai lagi kajian kitab yang lain.
Adapun amanah mengajar al-Qur’an juga sudah dipungkasi sebelum Ramadan, dan akan dilanjutkan kembali selepas Ramadan. Alhamdulillah, berkat pertolongan Allah, empat anak telah selesai menghafalkan Juz ‘Amma dan lulus dalam ujian hafalan. Mereka adalah Ibnu Jarir ath-Thabari, Fanani, Imam Syafii, dan Haedar Ahmad Hanafi. Bahkan, Haedar telah merampungkan hafalan surah Yasin dan sedang menghafalkan surah al-Waqi’ah. Sementara Ibnu telah hafal juga surah Yasin, surah al-Waqi’ah, dan saat ini sedang menghafalkan surah al-Kahfi.
Semoga bertambah berkah dan diberi kekuatan untuk istiqamah. Aamiin…








2 comments:

Maman Achman said...

Assalamu'alaikum pak, apa kabar? Semoga selalu sehat ya..
Mengaji itu harus istiqomah ta pak, supaya berkah bagi yang melakukannya.

Irham Sya'roni said...

Wa'alaikumussalam warahmatullah.
Alhamdulillah, kabar baik, Kang Maman.
Semoga Kang Maman juga sehat dan lancar puasanya.