Kata Mutiara (Arab-Indonesia) - Bagian 3

Alhamdulillah, hari ini saya masih diberi kesempatan dan setitik kemampuan untuk melanjutkan tulisan terdahulu tentang mahfuzhat (untaian kata yang dihafal/kata mutiara/kata bijak). Kali ini hanya 25 untaian kata mutiara yang bisa saya tulis. Walaupun sedikit, semoga bermanfaat.



No.
Indonesia
Arab
1.
Siapa terbiasa dengan melakukan sesuatu, dia akan menjadi ahlinya.
  مَنْ تَعَوَّدَ عَلَى شَيْءٍ صَارَ أَهْلَهُ
2.
Jangan undur pekerjaan hari ini hingga hari esok hari.
  لَا تُؤَجِّلْ عَمَلَ اليَوْمِ إِلَى الغَدِ
3.
Siapa tidak pernah salah, berarti ia tidak pernah berbuat apa-apa.
  مَنْ لَا يُخْطِئْ لَا يَفْعَلْ شَيْئًا
4.
Kesempatan itu (datang dan) berlalu begitu cepat seperti awan.
  الفُرَصُ تَمُرُّ مَرَّ السَّحَابِ
5.
Siapa bekerja, dia akan menuai. Siapa tidur, dia akan bermimpi.

  مَنْ سَعَى جَنَى وَمَنْ نَامَ رَأَى الأَحْلَامَ
6.
Siapa yang menginginkan derajat/prestasi tinggi, ia akan biasa terjaga malam (untuk mencapainya).
  مَنْ طَلَبَ العُلَا سَهِرَ اللَّيَالِيَ
7.
Setiap kenikmatan yang tidak mendekatkan kepada Allah, maka itu adalah musibah.
كُلُّ نِعْمَةٍ لَا تُقَرِّبُ إِلَى اللّهِ فَهِيَ بَلِيَّةٌ
8.
Syukur itu menjadi sebab bertambahnya nikmat dan jalan menuju kebahagiaan.
اَلشُّكْرُ هُوَ السَّبَبُ إِلَى الزِّيَادَةِ، وَالطَّرِيْقُ إِلَى السَّعَادَةِ
9.
Siapa yang bersyukur atas nikmat yang sedikit, maka dia berhak atas nikmat yang banyak.
مَنْ شَكَرَ قَلِيْلاً اِسْتَحَقَّ جَزِيْلاً
10.
Nikmat itu laksana penganting/pernikahan, maskawinnya adalah syukur.
اَلنِّعْمَةُ عَرُوْسٌ، مَهْرُهَا الشُّكْرُ
11.
Berterima kasihlah kepada orang yang telah memberimu kenikmatan. Dan, berilah kenikmatan kepada orang yang telah berterima kasih kepadamu.
اُشْكُرْ لِمَنْ أَنْعَمَ عَلَيْكَ وَأَنْعِمْ عَلَى مَنْ شَكَرَكَ
12.
Jika seseorang bertambah ilmunya dan luas cakrawalanya maka dia akan jarang menyalahkan orang lain.
اِذَا زَادَ نَظَرُ الرَّجُلِ وَاتَّسَعَ فِكْرُهُ قَلَّ إِنْكَارُهُ عَلَي النَّاسِ
13.
Ilmu itu harus didatangi, bukan mendatangi atau datang sendiri.
اَلْعِلْمُ يُؤْتَى وَلَا يَأْتِي
14.
Sisa apa saja dapat dimanfaatkan, kecuali perkataan; sisanya sangat berbahaya.
كُلُّ شَيْءٍ يَنْتَفِعُ بِفَضْلِهِ إِلَّا الْكَلَامَ فَإِنَّ فَضْلَهُ يَضُرُّ
15.
Orang yang berakal tidak harus membalas keburukan musuh dengan keburukan yang sama, dan tidak harus menjadikan laknat dan caci maki sebagai senjata.
لَا يَجِبُ عَلَى الْعَاقِلِ أَنْ يُكَافِئَ الشَّرَّ بِمِثْلِهِ وَأَنْ يَتَّخِذَ اللَّعْنَ وَالشَّتْمَ عَلَى عَدُوِّهِ سِلَاحًا
16.
Memenuhi kebutuhan sesama muslim lebih aku sukai daripada i'tikaf selama dua bulan.
قَضَاءُ حَاجَةِ أَخٍ مُسْلِمٍ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنِ اعْتِكَافٍ شَهْرَيْنِ
17.
Meninggalkan permusuhan dalam setiap kesempatan lebih berhati-hati daripada menyelami jalan permusuhan.
وَتَرْكُ الْعَدَاوَةِ عَلَى الْأَحْوَالِ كُلُّهَا أَحْوَطُ لِلْعَاقِلِ مِنَ اْلخَوْضِ فِي سُلُوكِهَا
18.
Pembicaraan yang tidak perlu akan menyebabkan hati keras, badan lemah, dan mempersulit jalan rezeki.

كَلَامُ الشَّخْصِ فِيْمَا لَا يَعْنِيْهِ يُقَسِّي الْقَلْبَ وَيُضْعِفُ الْبَدَنَ وَيُعَسِّرُ أَسْبَابَ الرِّزْقِ
19.
Persahabatan satu hari adalah silaturrahmi. Persahabatan satu bulan adalah kekerabatan. Persahabatan satu tahun adalah ikatan keluarga yang kokoh. Siapa yang memutusnya maka Allah 'azza wajalla akan memutusnya (dari rahmah-Nya).
مَوَدَّةُ يَوُمٍ صِلَةٌ وَمَوَدَّةُ شَهْرٍ قَرَابَةٌ وَمَوَدَّةُ سَنَةٍ رَحِمٌ ثَابِتَةٌ مَنْ قَطَعَهَا قَطَعَهُ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ
20.
Berkasih sayanglah kepada siapa pun yang ada di bumi, niscaya Yang ada di langit akan mengasihi kalian.
اِرْحَمُوا مَنْ فِي الْأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِي السَّمَاءِ
21.
Orang yang memberimu nasihat terkadang bukanlah orang yang sempurna. Tetapi, mungkin dia bisa memberimu sesuatu yang kurang dari dirimu.

قَدْ لَا يَكُوْنُ الشَّخْصُ الَّذِي يَنْصَحُكَ كَامِلاً، وَلَكِنَّهُ يُمْكِنُ أَنْ يُعْطِيَكَ الْجُزْءَ الَّذِي يُنْقِصُكَ
22.
Tentang cinta, tanyakan kepada hatimu, sebab ia adalah saksi yang enggan menerima suap.
Jangan bertanya kepada mata, sebab ia sering menunjukkan sesuatu yang berbeda dengan apa yang tersimpan dalam hatimu.
سَلُوْا عَنْ مَوَدَّاتِ الرِّجَالِ قُلُوبَكُمْ  فَتِلْكَ شُهُوْدٌ لَمْ تَكُنْ تَقْبَلُ الرَّشَا
وَلَا تَسْأَلُوْا عَنْهَا اْلعُيُوْنَ فَإِنَّهَا  تُشِيْرُ بِشَيْءٍ ضِدِّ مَا أُضْمِرَ الْحَشَا
23.
Orang-orang yang taat kepada Allah, hati dan cinta mereka menyatu meskipun rumah-rumah mereka saling berpencar.
Sementara orang-orang yang bermaksiat kepada Allah, hati mereka bercerai berai walaupun rumah mereka menyatu.
أَهْلُ طَاعَةِ اللهِ قُلُوْبُهُمْ وَأَهْوَاءُهُمْ مُجْتَمِعَةٌ وَإِنْ تَفَرَّقَتْ دِيَارُهُمْ
وَأَهْلُ مَعْصِيَةِ اللهِ قُلُوْبُهُمْ مُخْتَلِفَةٌ وَإِنْ اجْتَمَعَتْ دِيَارُهُمْ
24.
Sesunguhnya perempuan itu parfum yang diciptakan untuk kalian.
Dan, setiap kalian pasti menginginkan mencium parfum itu.
إِنَّ النِّسَاءَ رَيَاحِيْنُ خُلِقْنَ لَكُمْ  وَكُلُّكُمْ يَشْتَهِيْ شَمَّ الرَّيَاحِيْنِ
25.
Bersikaplah rendah hati. Jadilah laksana bintang, yang terlihat rendah di permukaan air, tetapi sesungguhnya ia berada di tempat yang tinggi.
Janganlah berlaku seperti asap, yang terlihat membumbung tinggi ke udara, padahal sejatinya ia berada di tempat yang rendah.
تَوَاضَعْ تَكُنْ كَالنَّجْمِ لَاحَ لِنَاظِرٍ عَلَى صَفَحَاتِ الْمَاءِ، وَهُوَ رَفِيْعٌ
وَلَا تَكُ كَالدُّخَانِ يَعْلُو بِنَفْسِهِ عَلَى طَبَقَاتِ الْجَوِّ، وَهُوَ وَضِيْعٌ

Tag : Hikmah
Comments
52 Comments
52 Komentar untuk "Kata Mutiara (Arab-Indonesia) - Bagian 3"

Sungguh kata kata yang bisa menenangkan jiwa ya sepertinya bisa saya simpan nih.

Silakan, Kang Nurul Iman. Semoga bermanfaat, ya.

Om, keren keren nih maknanya.
adem ayem kalo dibaca.
saya suka kata-kata mutiara om.
seringnya kata mutiara itu saya gunakan buat status di bbm,hehe
makasih ya om.. ^.^

Tapi, kalau kata mutiaranya panjang-panjang kan gak nyukup buat status di BBM, Hay... :)

pelajaran yang dapat saya ambil dari artikel kali ini adalah Bersikaplah rendah hati. Jadilah laksana bintang, yang terlihat rendah di permukaan air, tetapi sesungguhnya ia berada di tempat yang tinggi.
Janganlah berlaku seperti asap, yang terlihat membumbung tinggi ke udara, padahal sejatinya ia berada di tempat yang rendah.

Benar, Mas, begitulah semestinya kita berendah hati laksana bintang. :)
Terima kasih atas kunjungannya, ya, Mas.

keren euy,,, beda dari yang lain,, coz pake bahasa arab

Pelajaran saya di MTS ini Mas...

Banyak kok, Mas, yang pakai bahasa Arab. Mungkin materinya saja yang berbeda.

Jadi terkenang masa lalu, ya, Mas. :)

Setuju, bila kita hanya tidur saja maka yg kita dapat hanya mimpi. Mimpi tanpa berbuat apa-apa sama saja bohong :)

Gue sering diledek pas gue nyapu tempat kerja pagi-pagi, "nah gitu kan keliatan ganteng! Hehehe ... " gue jawab, "gue emang ganteng bukan karna gue nyapu, tapi karna gue beriman ... tau kan kalo kebersiahan sebagian dari iman? Bhahaha ... " *ketawaganteng

Betul, Mbak. Kalau hidup kita hanya untuk tidur, tentu hanya mimpi yang kita dapatkan. Tak ada hasil nyata. :)

Hihihi.... jawaban cerdas itu, Mas. Keren! :)

Saya suka dengan kata2 mutiara no. 2, 5, dan 25. Karena itu problem diri saya yang suka menunda-nunda.

Alhamdulllah jika memang bermanfaat. Semoga memotivasi dan menyegarkan jiwa kita, ya, Mas.

Menginspirasi sekali nih mas kata-kata mutiaranya. Terima kasih sharingnya ya Mas :)

Keren Mas. Apalagi dituangkan ke media gambar, pasti lebih ajib.
:)

Sama-sama, Mbak. Terima kasih kembali. :)

Bener juga, ya, Mas. Sayangnya saya tidak bisa buat yang begituan, Mas. Maklum, gaptek. :)

mahfuzod no. 20 dan 25 sungguh menyejukkan hati :)

Saling mengasihi dan menyayangi serta berendah hati, ya, Mbak? :) Semoga bermanfaat

Saya mohon ikut numpang balajar di sini mas, dari kata-kata mutiara arab, begitu baca langsung termotivasi dengan beberapa kalimat di atas

Silakan, Mas. Mari kita belajar bersama-sama.

kata-kata mutiara, entahlah, bagi saya itu kata-kata nasehat buat saya. hehehe
jadi motivasi buat saya tuh. makasih mas

Sama, Mas, itu menjadi motivasi buat saya juga. Semoga memotivasi semua orang.
Terima kasih kembali, Mas...

kang saya mau menambahkan kata mutiaranya, kayaknya ndak ada...
لا تحتقر من دونك فإن لكل شيئ مزية
Jangan pernah kau remehkan orang yang dibawahmu, karena setiap orang punya keistimewaan [yang tidak dimiliki orang lain]

Tampilannya maknyus kang

Kata mutiara yang itu sudah ada, Kang. Tapi, di edisi "Kata Mutiara (Arab-Indonesia) Bagian 1" no. 29.
Alhamdulillah, tampilannya memang lebih seger di mata. Apalagi bagi yang pakai kacamata minus seperti saya, jadi lebih fresh. Makasih, lho, Kang. :)

Kata kata mutiara memang menyejukan hati ya mas apalagi kalau kita saat sedang membacanya dan ada salah satu kata kata yang sesuai dengan keadaan dan kesenangan hati kita, hmm pastinya sangat menenangkan hati sekali.

Benar, Mbak. Walaupun sekadar kata-kata singkat, bisa menjadi obat. Obat kala sedih, galau, pesimistis, dan lain-lain.

Saya dapat tambahan pengetahuan lagi disini makasih gann kata mutiarnya Terasa menyentuh banget di sanubari ini .

Saya dulu pernah belajar bahasa Arab. Jadi ingat!

Sama-sama, Mas, terima kasih kembali.

Alhamdulillah, semoga sampai hari ini kita bersama-sama masih dan terus mempelajarinya, ya, Mas.

Jangan undur pekerjaan hari ini hingga hari esok hari.
kata2 mutiara yg cocok buat saya hari ini

Jika bisa dilakukan sekarang, kenapa harus ditunda hingga esok datang. Begitu, ya, Mas. :)
Terima kasih atas kunjungannya....

Luar biasa, adem sekali saya membacanya. Izin mengutip beberapa ya

Monggo, silakan, Mbak... :)

Kata-kata mutiara yang penuh makna untuk kehidupan.

Keren mas...sepertinya artikel seperti ini yang harus terus kita perbanyak karena bermanfaat untuk memperbaiki ahlak semua orang. Walaupun sekedar kata-kata tapi jika kita pahami maksudnya yang terkandung didalamnya pasti akan menemukan pencerahan hidup..

Iya, Mas, semoga semua blog dan situs sama-sama menebarkan kebaikan. Kasihan anak-anak kalau mereka membuka blog atau website yang isinya tidak positif bagi mereka.

Hahahaha.. bisa buat setok bikin status ini, Pak.. :)

Yang penting setiap status harus menebarkan kebaikan, ya, Aida.

ini tugasnya menkominfo untuk membatasi akses ke situs yang negatif, tidak cukup hanya ada peringatan "situs ini khusus usia 18 tahun keatas, bla bla bla"

Selain tugas kemenkominfo, juga tugas kita semua, ya, Mas. Caranya adalah dengan membuat blog, situs, serta status di media sosial dengan materi yang baik-baik.

sangat setuju mas, ..
thanks telah berbagi kebajikan..

Sama-sama, Mas Rudi. Terima kasih kembali.
Salam kenal, ya.

Izin copas buat status, ya? :) Sejuk bacanya.

Silakan, Mbak. Monggo... :)

Jadi inget masa-masa di ponpes wkwkwk

Kenangan indah dan tak terlupakan, ya, Mbak. :)

Back To Top