ads
Thursday, October 3, 2013

October 03, 2013
3

Benar-benar memanaskan hati ketika membuka blog ini selalu saja ada sebuah kotak panjang yang muncul dan mengganggu. Menjengkelkan sekaligus menakutkan! Dalam kotak itu ada tulisan: A username and password are being requested by https://ivyth.googlecode.com. The site says: "Google Code Subversion Repository" Di bawahnya terdapat dua kolom yang harus diisi, yaitu kolom User Name dan kolom Password.


Virus ini! Pasti virus! pikirku. Tetapi, setelah aku pikir-pikir lagi lebih dalam, pola “serangannya” bukanlah virus. Maka aku simpulkan, ini bukan virus!

Aku coba berpikir lagi mencari jawabannya. Pikiranku kemudian beralih ke postingan terakhirku berjudul Koleksi Lagu Wali Band. Jangan-jangan http://gudanglagu.com/ tidak mengizinkan aku mengutip koleksi lagu Wali untuk aku posting di blogku ini, pikirku.

Untuk membuktikan dugaanku, segera aku hapus postingan tentang koleksi lagu Wali Band tersebut. Bismillaah… semoga tidak muncul pop-up si kotak panjang lagi. Soalnya, mengganggu dan menyeramkan banget.

Klik! Aku coba buka blog ini lagi. Ternyata…, ya Allah…, si pop-up kotak panjang ini kok masih muncul lagi! Sempat tegang dan panik sesaat. Tetapi, aku tenangkan hati. Pasti ada jalan keluarnya! optimistisku.

Ahaaa…., kenapa nggak aku tanyakan saja kepada “Simbah Gugel”? Dia pasti bisa bantu mencarikan jawaban dan solusinya. Bismillaah…, aku masukkan kata “Google Code Subversion Repositorydalam kotak pencarian Google. Alhamdulillah, ada banyak sekali postingan teman-teman blogger yang mengulas masalah ini.

Klik! Aku buka http://gaptek32.blogspot.com/2012/11/tips-mengatasi-error-google-code.html . Alhamdulillah, blog ini memberi uraian yang lengkap dan jelas. Ternyata, pop-up yang sering muncul dan mengusik blogku tadi bukan virus, melainkan kerusakan kode javascript di dalam blog ini. Atau, bisa jadi juga kode tersebut sudah di-banned oleh googlecode.

“Sepengetahuan saya mengapa terjadinya error Google Code Subversion Repository itu dikarenakan kode JS (seperti yang kita ketahui bahwa kode JS banyak jenisnya seperti recent comment artikel terkait dsb yang di upload pada googlecode) si pemilik telah kadaluarsa/dihapus/dipindahkan dan bahkan di banned oleh googlecode (bila si pemilik JS mengupload pada googlecode),” kata si empunya http://gaptek32.blogspot.com

Saya ikuti petunjuknya, akhirnya saya temukan biang kerusakannya bukan pada postingan terakhir saya tentang Wali Band, melainkan pada recent comment saya. Nah, ini dia biang penyakitnya! Ucapku girang. Segera saja aku hapus kode javascript recent comment, lalu aku save.

Horee… Alhamdulillah, blogku kembali normal! Terima kasih Simbah Gugel. Terima kasih juga sobat blogger si empunya http://gaptek32.blogspot.com. Maaf buat teman-teman yang sudah berkomentar di postingan saya tentang Wali Band, postingannya sudah terlanjut saya hapus. Maaf, ya! Harap maklum, itu terjadi karena kegaptekan saya. Selamat berblogging ria!



3 comments:

Kang Muroi said...

Alhamdulillah bisa teratasi ya mas, blogwalking nyambung silaturrahim

Irham Sya'roni said...

Alhamdulillah, Mas, sempat bingung and deg-degan juga. Hehe... Alhamdulillah juga silaturahim kita bisa tetep tersambung. :)

Hasan GMC said...

maaf gan ga bisa nangkap ni,..
kode javascript recent comment, ada nya dimana ?