Tanya-Jawab Puasa Bersama Tifatul Sembiring

Siang tadi, setelah ngerumpi sejenak dengan , saya beralih mengikuti informasi-informasi di Beranda Twitter. Alhamdulillah, di sana banyak sekali informasi yang sangat bermanfaat. Salah satu yang memantik perhatian saya adalah dibukanya forum Tanya-Jawab dengan Menkominfo, Ustadz Tifatul Sembiring. Bagi saya, itu adalah forum tanya-jawab yang sangat bermanfaat.

Namun, di antara tanya-jawab itu ada beberapa poin jawaban dari beliau yang menurut saya pantas dan menarik kita diskusikan: antara benar dan tidak, shahih am khatha', atau sekadar berbeda madzhab saja. Selain itu, agar semakin kayalah ilmu kita tentang puasa. Poin apa saja?
( A )
Cukup fidyah saja..RT @radenricha: Pak @tifsembiring , buat ibu hamil. Slain bayar fidyah. Apakah msi plu mengganti puasanya d hari lain?

Cukup fidyah saja..RT @teethanti: Pak tifatul,ibu hamil dn menyusui yg sdh membayar fidyah apakah wajib mengganti puasa"@tifsembiring:



( B )
Batal...RT @AsrilRHakim: RT @DrJeffryT: @tifsembiring pak ustad bagaimana kalau suntik antibiotik apakah membatalkan puasa? Ada yg bilang gak batal

( C )
Wajib dibayar zkt fitrahnya..RT @umeemuchajar: "@tifsembiring: Ust awal rmdhn sdr meninggal, wajib zakat kah?

( D )
Tifatul Sembiring @tifsembiring
boleh, asal airnya dikeluarkan kmbali...“@saja_moodey: telinga kemasukan semut, saya masukkan air biar semutnya keluar, apakah batal puasa?

( E )
Byr fidyah saja. RT : apakah wanita nifas tetap bayar fidyah dan hutang puasanya?  

Di antara sobat blogger tentu sudah sering mendengar masalah itu dan sering pula mendapatkan jawaban dari ustadz sobat atau jawaban dari buku/kitab referensi yang sobat baca. Nah, senang sekali apabila kita bisa diskusikan 5 masalah itu di sini. Sumonggo alias silakan, LAPAK DISKUSI resmi saya buka. ^_^
NB. Untuk mengikuti uraian dari beberapa masalah di atas, silakan klik link berikut:
(A) Puasa Ibu Hamil dan Menyusui
(B) Suntikan Abiotik Membatalkan Puasa?
(C) Meninggal Dunia, Wajib Zakat Fitrah?

Sumber ilustrasi: dari sini
Tag : Puasa
Comments
20 Comments
20 Komentar untuk "Tanya-Jawab Puasa Bersama Tifatul Sembiring"

terpanah dg openingnyaaah....rumpi deh ah bhuahaha

iya tuh byk prtyaan mslh itu ... kdg jd binun mn yg mau diikuti ba. klo mnrt Baba sndr gmn ???

Tadinya mau bikin postingan mengulas ttg prtanyaan2 itu, Mi. Tp blm smpet. Buru2 krn da jdwl ksh kajian sore di sekolah. Nunggu diskusi / pndpt tmn2 dl, Mi. Bsk insya Allah sy buat ulasannya dlm postingan trsndiri.

Nyimak dulu aja deh, Pak Ustadz...

saya sempat baca juga yang telinganya kemasukan air itu lho.. he he he

Yg nyimak, harus nyediakan kopi, pisang goreng, kacang rebus, dll buat yg diskusi. Hehe

Wah, berarti qt td sama2 smpat ngikuti ya, Mas? Ada jg poin yg bikin kening sy berkerut,dmn beliau bilang klo prmpuan nifas itu tdk usah qadha' tp cukup byr fidyah sj. Sbgai rakyat jelata,sy cm bs garuk2 kpla bca jwbn itu.

kalau ibu hamil dan menyusui kok setahu saya tidak usah bayar fidyah tapi harus mengqodho ya ... ??? kalau bayar fidyah, terus bayarnya berapa ...??? *haduh ... saya memang belum tau kali ya???*

yang saya tau itu yang boleh bayar fidyah dan tidak puasa itu nenek2 dan kakek2 yang sudah sepuh dan sudah tidak kuat puasa ...
~ benar tidak??? ~ *haduduh ... pusing ah! saya yang salah ingat kali ya ...???*

Husnudz dzon ae lah,,, mungkin itu madzhab PKS. xixi. PKS madzhabe imam sopo yow...hoho

Wuih mimi eksis juga di bubir yaa :D

Kalau kata pak ustad cukup bayar fidyah saja itu sudah membayarnya :D

Untuk yg poin 2, sangat-sangat mendekati bener Aida. Klo yg poin 1, kita nunggu suara dr sobat lainnya ya. hehe..

Jiiiaaahhh..., kutunggu maraji'mu dari segala ragam referensi jee, malah zhan-zhanan. hadeeuuuhh :)

Hahaha.... si Mimi jadi trending topic deh kali ini. Xixixixi

aku juga masih bingung masalah itu. Jd nggak brani kasih pendapat, takut salah. Aku nyimak aja ya, sambil nunggu kesimpulan akhir.. hehe.. *sambil nyeduh teh celup* :P

Waaahhhh.... Enak tuh.buka puasa minum teh celup anget. Mbak Iprih Cova5wati, aku mau donkkk... Hehe

hahaha mimi mah seru banget kalau udah jadi trending topic :D

Pokoknya, beliau itu jaid idola siapa saja, baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Bahkan juga di dunia lain. hehe

Moga aja bermanfaat buat qt semua, Mas.

Saya ma ikut menyimak saja Om.. hehehe
Sebagai santri yang baik kan harus menyimak dan memperhatikan setiap petuah Pak Ustadz :)

Monggo, silakan, Om Eko Muryanto. Nggelar kloso plus bawa minum sendiri, ya. :)

Back To Top