Puasanya Jadi Kapan Nih?

Pagi hari sebelum mulai mengerjakan tugas-tugas kantor, saya bersama beberapa teman biasa kongkow-kongkow dulu di dapur. Kok di dapur? Ya, biar nggak repot-repot kalau lagi pengen minum: kopi, teh, susu, es teh panas, atau lainnya. (memangnya ada es teh panas ya? Hehe..)

Saat asyik ngobrol bersama teman-teman, si Asih, sang koki yang selalu menyiapkan minuman untuk seluruh karyawan, nyeletuk. “Emang puasanya kapan toh, Pak?”

Aku jawab sekenanya dengan nada becanda, “Emangnya kenapa kok nanya?”

Mendapat jawaban singkat dan superkilat dariku, Mas Asih tersenyum dan tersipu. (Asih, seperti nama perempuan ya? Tapi kemachoannya sebetulnya tidak seperti namanya. Tubuhnya tegap dan kekar. Asih Tambunan, begitu nama lengkapnya.)

“Yang jelas, puasanya dimulai tanggal 1 Ramadhan,” lanjutku sekenanya.

Buru-buru aku menambahkan celotehku, “Bulan puasa tahun kemarin saja aku mergoki kamu nggak puasa kok. Ketika yang lain berpuasa, kamu malah enak-enakan minum dan ngerokok.”

“Entahlah, Pak. Kalau pas hari Jum’at itu rasanya berat banget puasa,” ujarnya, tersipu malu.

Temenku yang lain menimpali, “Lagi M ya, Mas Asih?”

“Hehehe… iya, M = Malas. Tapi insya Allah Ramadhan tahun ini saya usahakan full, Pak.”

“Alhamdulillah, siPPP! Nah, gitu donk. Demen aku kalo begitu!”


~*~

Sobat blogger, di tengah perbedaan pendapat tentang awal Ramadhan ini, tak perlulah kita memperuncing perbedaan. Walaupun berbeda, tetapi tetap bersaudara. Walaupun berbeda pandagan, namun tetap satu tujuan. Yang penting mau puasa apa tidak, Bro… jangan cuma ngegedein perbedaannya.

Bagi teman-teman yang tanggal 20 Juli sudah mulai berpuasa, saya sampaikan: “Selamat menunaikan ibadah puasa!”  Sementara bagi teman-teman yang mulai puasanya tanggal 21 Juli, saya sampaikan: “Selamat menunaikan ibadah toleransi dan menghormati!” Ups, apa maksudnya? Toleransi dan menghormati kan juga terbilang ibadah. Jadi, agar sama-sama dapat pahala, yang sudah berpuasa, silakan berpuasa. Sedangkan yang belum berpuasa, hendaklah menahan diri tidak makan, tidak minum, atau tidak merokok di hadapan teman-teman yang berpuasa. Asyik, kan? Yang pasti, semua umat Islam pasti memulai puasanya pada tanggal 1 Ramadhan. Semua pasti sama memulai dari tanggal ini. Hehe...

Semoga puasa kita selama Ramadhan nanti tidak ada bolongnya ya… Kecuali para mbak atau ibu, bisa dipastikan mereka ada bolongnya karena ada masa M-nya. Bukan  “Malas”, melainkan Menstruasi alias haidh. Seandainya ada bolongnya, hendaklah bolongnya memang karena alasan yang dibenarkan Islam, semisal sakit, musafir, benar-benar tidak kuat, hamil, menyusui, dan sebagainya. Tapi, selepas Ramadhan, tidak lupa membayar utangnya ya.

Selamat datang Ramadhan yang penuh berkah. Selamat datang bulan puasa. Selamat datang bulan dilipatgandakannya pahala. Semoga amal ibadah kita pada bulan Ramadhan ini diridhai oleh Allah swt dan mendapatkan jaza’ yang istimewa dari-Nya. Amin 

~*~

قال الإمام الشافعي مَذْهَبُنَا صَوَابٌ يَحْتَمِلُ الْخَطَأَ وَمَذْهَبُ مُخَالِفِنَا خَطَأٌ يَحْتَمِلُ الصَّوَابَ

Imam Syafi’i berkata: “Madzhab (pendapat) kami benar, namun boleh jadi mengandung kekeliruan; sementara madzhab selain kami keliru, namun bisa jadi justru mengandung kebenaran.”


إِذَا حَكَمَ الْحَاكِمُ فَاجْتَهَدَ ثُمَّ أَصَابَ فَلَهُ أَجْرَانِ، وَإِذَا حَكَمَ فَاجْتَهَدَ ثُمَّ أَخْطَأَ فَلَهُ أَجْرٌ

 
“Apabila seorang hakim menetapkan suatu hukum dengan cara berijtihad, dan ternyata hasil ijtihadnya itu benar, maka ia mendapatkan dua pahala (pahala ijtihad dan pahala kebenarannya).  Apabila ia menetapkan suatu hukum dengan berijtihad dan ternyata hasil ijtihadnya itu salah, maka ia mendapatkan satu pahala (pahala berijtihad).” (H.R. Muttafaq ‘alaih)
Comments
24 Comments
24 Komentar untuk "Puasanya Jadi Kapan Nih?"

tadi temen saya juga udah ada yang maaf2an karena dia puasanya besok, yaah mau gimana ya walaupun ada yang bilang kalo perbedaan awal puasa & lebaran itu bisa saja ga terjadi tapi.. tetep aja tuh terjadi di negeri tercinta ini, dan yang betein itu orang yang ga ikut puasa tapi ikut2an heboh karena perbedaan puasa dan lebaran :)

marhaban ya Ramadhan, ane ikut amir aja mas, kapan puasanya:}

Mbak NF mulai puasa kapan? **yg jelas, mau mulai kapan pun, saya ucapkan selamat menunaikan ibadh puasa. Semoga byk amal shalih dan ibdah di bulan suci ini ya.Blg tuh sama yg suka heboh, jgn lupa puasa.jgn cuma heboh doank. :-)

Amir siapa ni, mas? hehe... sama, mas, karena sy bnr2 awam dlm hal ilmu falaq (hisab & rukyat), ya saya bisanya juga ikut sm beliau2 yg lbh tahu n menetapkan buat qt semua. marhaban ya Ramadhan

setuju yang penting puasanya bukan sekedar celotrhnya. ;)
mohon maaf lahir batin kang..

Benar sekali, sepakat, hanya Alla-lah yg bs kita mintai pertolongan. :)

Kita puasanya bareng ya, Mas. Sama-sama mulai tggl 1 Ramadhan. :)
Maaf lahir batin juga, Mas.

Bang irham,Jumat atau sabtu jaga kerukunan sesama umat...
sepakat untuk tidak mempermasalahkan perbedaan ..

Salam Bahgia
#blogwalking sore

klo qt jadi ga jadi bsok..tetap bsok Baba.
selamat menunaikan ibadah puasa yaa...mohon maaf atas semua keluh atau ucapan yg tdk mengenakkan bagi Baba.

Makasih juga Bang. mau Jum'at atau Sabtu, yg penting pd puasa dan yg pnting tetep rukun dan damai ya, bang. Salam kenal

Oke, Mimi, met menunaikan ibadha puasa. Mohon maaf juga ya. Maklum yg lebih muda selalu sring keceplosan biacaranya. Dan, terntunya yg lebih tua, jg lbh byk dosanya. Haha... **Draw

puasanya saya besuk mas

puasanya ikut yang mulai hari sabtu, n tarawihnya ikut yang mulai malam jum'at ah..... ittiba' 2 pendapat. hehee...

jadinya besok ustadz.... :)

slmt puasa yaa ustadz mohon maav lahir bathin

Saya puasa 21 Juli, Mas :)
Mohon maaf lair batin jga ^^

aku puasa tanggal 21 kak ehhe ikut pemerintah aja :D :D selamat menunaikan ibadah puasa kak :D mohon maaf lahir batin ^^

Subhanalloh, artikel yang sangat bermanfaat...Mari persatukan Umat islam... Saling mengharagi perbedaan khilafiyah... Dan smmoga Ramadhan Kita berkah... Amin,,, :)
Joging pagi di bLog Sobat terbaik sambil bawa oleh2 MP3 Inspiratif bag. XVII, mohon reviewnya, Thanks, Salam bLogger

Alhamdulillah, ternyta benar, Umat Islam semua memulai puasanya pd 1 Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa, Bang. Semoga mengalirkan pahala dan ridha dr Alalh swt. amin

Hehehe... terus lebarannya ikut Jamaah An-Nadhir ya? hehe.. urik.com

Haa.... apa? Besok? Besok kan hari Ahad. Hehe... **maklum, balas komennya hari Sabtu. ^_^
Selamat berpuasa dan mhn maaf lhr btn jg

Kalau istri saya malah ga mau puasa pd 20 Juli, juga ga mau pd 21 Juli. Maunya mulai minggu depan. Hehe..
Mhn maaf lhr btn jg.

Selamat berpuasa Rulita. Mau tgl 20 atau tgl 21, yg penting puasa kan? Toh sama2 tgl 1 Ramadhan-nya. mhn maaf lhr btn jg ya.

Saling menghargai perbedaan, bahkan pelangi itu walupun berbeda2 warnanya tetapi justru bikin indah ya, Mas. Salam blogger.

Back To Top