ads
Monday, April 9, 2012

April 09, 2012
11
Berbakti kepada kedua orangtua, terutama ibu adalah perintah kedua setelah beribadah kepada Allah. Di dalam Al-Qur`an, Allah berfirman, “Dan Tuhanmu menetapkan agar kamu tidak menyembah selain kepada-Nya dan kepada kedua orangtua hendaklah berbuat baik.” (Q.S. Al-Isrâ` [17]: 23)

Begitu mulianya berbakti kepada kedua orangtua sehingga Rasulullah menempatkannya di atas berjihad di jalan Allah. Hal ini sesuai dengan jawaban beliau atas pertanyaan seorang sahabat yang menanyakan amal apa yang paling disukai oleh Allah. Beliau menyebutkan shalat tepat pada waktunya, berbakti kepada kedua orangtua, dan jihad fi sabilillah.

Jika berbakti kepada kedua orangtua adalah amal ibadah yang sangat mulia, maka berbuat durhaka kepada orangtua adalah dosa yang teramat besar di sisi Allah. Bahkan, dosa berbuat durhaka kepada orangtua diletakkan setelah dosa menyekutukan Allah. Padahal dosa menyekutukan Allah adalah dosa yang tidak diampuni.

Ada banyak keutamaan yang didapatkan dengan berbakti kepada ibu dan bapak. Di antaranya adalah ditinggikan derajatnya. Hal ini sebagaimana yang didapatkan oleh Uwais Al-Qarni, seorang pemuda miskin yang pekerjaannya hanya sebagai penggembala kambing. Namun, karena dia amat berbakti kepada ibunya, maka Allah mengangkat derajatnya. Begitu mulia derajatnya sehingga segala permohonannya dikabulkan oleh Allah. Bahkan Amirul Mukminin Umar bin Khathab yang begitu mulia dan dekat dengan Rasulullah pun diperintahkan untuk meminta didoakan oleh Uwais Al-Qarni.

Selain diangkat derajatnya di akhirat, berbakti kepada ibu juga bisa menyebabkan Allah memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Ada banyak orang yang begitu berbakti kepada ibunya dan Allah memberinya rezeki yang amat banyak.

Sudahkah kita berbuat baik kepada kedua orangtua? Kebaikan apakah yang sudah kita perbuat kepada mereka? Atau, jangan-jangan kita justru begitu karib dengan perbuatan-perbuatan yang membuat mereka murka? Marilah berintrospeksi, lalu melakukan aksi! Ya, aksi untuk berbuat ihsan (kebaikan) kepada mereka. Karena ridha Allah sangatlah bergantung pula pada keridhaan kedua orangtua.

11 comments:

Mami Zidane said...

Terima kasih sudah mengingatkan mas irham, semoga kita di jauhkan dari perbuatan2 yang bisa membuat murka orangtua ya.

Mas Huda said...

subhanallah sampai Umar bin Khattab saja minta didoakan ya...

Akhmad Muhaimin Azzet said...

Akan diangkat derajatnya oleh Allah Ta'ala, juga mendapatkan rezeki dari arah yang tiada disangka. Subhanallah....! Betapa penting berbakti kepada kedua orangtua itu. Terima kasih banyak ya, Mas Irham Sya'roni; sungguh postingan yang penting sekali.

Irham Sya'roni said...

Mami Zidane @ Aduh, maaf Mami, baru bisa balas komennya sekarang. Makasih dah mampir. Semoga kita dimudahkan memasuki surga karena bakti kita kepada kedua orangtua, ya, Mami. amin

Irham Sya'roni said...

Mas Huda @ Iya, Mas, begitu istimewa dia karena bakti dan ihsannya kpd kedua orgtua.

Irham Sya'roni said...

Akhmad Muhaimin Azzet @ Semoga setiap hari kebaikan dan bakti kita kepada kedua orgtua selalu bertambah dna terus bertambah ya, Mas. amin

risa said...

semoga saya termasuk orang-orang yang melakukan kebaikan terhadap orangtua. aamiin ...
makasih atas sharingnya :)

Irham Sya'roni said...

risa @ Amiin ya Rabbal 'alamin, semoga kita semua tercatat sebagai manusia shalih/shalihah karena bakti kita kpd kedua orgtua. makasih jg tlah berkenan berkunjung kemari.

Vpie ◥TwekzLibz◤ MahaDhifa said...

. . mudah^an aja aq adalah salah satu orang yg berbakti kepada ortu. amieeennnnnn,, aq sayang banget sama ortu, tapi sampe sekarang aq blum bisa bikin ortu aq bahagia. huhh. saking sayangnya aq ma beliau, sampe^ aq berharap kelak yg meninggal, biarlah aq dulu daripada ortu aq. huhh. permintaan yg konyol ya?!? he..86x . .

Irham Sya'roni said...

VPie MahaDhiva @ alhamdulillah, betapa indahnya dunia ini dipenuhi dgn org2 yg sayang dan cinta kpd orgtua. Ttg bakti qt kpd mereka, Nabi saw pernah bersabda bhwa sebanyak apa pun bakti ato usaha qt membalas budi mrka,ttp sj qt tdk akan sanggup.bahkn walopun dganti dg rupiah sbrapa pun tdk akan dpt membalas mrka.itu mnunjukkan btpa mulianya mrka.qt hnya brusaha dan brdoa smga bakti qt diridhainya.krn ridha mrka adlh kunci bg ridha Allah kpd qt.

Irham Sya'roni said...

outbound training di malang @ terima kasih atas tausiyah motivatifnya.