ads
Thursday, March 8, 2012

March 08, 2012
10
Mertua Demokratis

Mertua tipe inilah yang dicari oleh rata-rata menantu. Memiliki mertua yang demokratis, tidak usil, dan memberikan kebebasan dalam bersikap dan berbicara, sungguh nyaman. Biasanya, seorang yang demokratis selalu berpikir positif dan tidak mau mencari kelemahan dan kesalahan orang lain, apalagi menantunya sendiri.

Pemecahan masalah

Meski memiliki mertua demokratis, namun kita jangan sampai terlena. Justru kita yang harus senantiasa menjaga sikap dan perkataan agar tidak menyinggung perasaannya. Sikap hormat dan santun justru dibutuhkan karena mertua adalah orang yang harus dihormati dan disayangi.


Selain tipe-tipe itu, berikut ane sertakan juga beberapa hal atau kebiasaan yang bisa dilakukan oleh menantu jika tinggal bersama mertua.

·    Biasakan bangun pagi sebelum mertua Anda bangun ketika Anda menginap di rumah mertua atau mertua Anda yang menginap di rumah. Lakukan pekerjaan rumah sebaik-baiknya. Dengan demikian, mertua akan menganggap Anda adalah menantu yang rajin bangun pagi dan rajin membantu pekerjaan rumah. Hal ini yang memberikan nilai lebih untuk diri Anda sendiri dan pastinya disayang mertua.

·    Suka membantu. Apabila mertua mengalami kesulitan, bantulah sebelum mertua meminta bantuan. Terkadang, mertua galak karena beliau sungkan untuk meminta bantuan pada menantunya, tetapi sesungguhnya ia sedang mengalami kesulitan. Ini adalah salah satu cara “menaklukkan” mertua dengan melakukan pekerjaan sebelum mertua meminta bantuan.

·    Jangan pelit kepada mertua. Apabila (suami atau istri) menerima gaji atau bonus, sesekali ajaklah makan bersama di luar rumah atau membelikan oleh-oleh ketika bepergian ke luar kota. Walaupun tidak mahal, tetapi paling tidak memperlihatkan bahwa Anda perhatian terhadap beliau.

·    Bersikaplah sewajarnya, tidak terlalu berlebihan terhadap orangtua. Agar disayang mertua, yang terpenting adalah kita berusaha untuk menyenangkan mertua dengan mengikuti perkataan yang tidak bertentangan dengan hati nurani. Namun, apabila bertentangan maka sebaiknya kita harus bersikap santun ketika menolak perkataan ataupun perintahnya. Jangan berbohong kepada mereka, katakan apa adanya dengan bahasa yang santun dan mudah dipahami.

·    Apabila memiliki waktu luang, kunjungi mertua Anda bersama anak-anak. Usianya yang semakin bertambah membuatnya semakin kesepian. Saat itulah ia membutuhkan anak dan cucunya untuk menghibur dan menghapus kerinduannya.

10 comments:

Seagate said...

Wah ini trmasuk tipe mertuaku mas, dulu sempat 3 tahun tinggal bareng, tapi orangnya gak macem2, baik sama menantunya..alhamdulillah hehe

Kang Muroi said...

sangat bermanfaat mas Irham sharingnya....
mertua adalah orang tua kita, jadi sharusnya kita juga bersikap sebagaimana kepada orang tua...trimakasih ilmunya:}

rizki_ris said...

Kunjungan malam sobattt
mertua??waaahhhh
orang tua baru kita, harus paham wataknya supaya jadi menantu yang baik
nice share mas

outbound malang said...

kunjungan sob ..
salam sukses selalu ,,:)

Irham Sya'roni said...

@Seagate Pasti membahagikan kan, mas. Saya ikut senang, alhamdulillah.

Irham Sya'roni said...

@Muro'i El-Barezy Benar banget, Mas. Ketika sudah menikah, sejatinya kita memiliki 4 orangtua: 2 orangtua kandung kita dan 2 orangtua yg selayaknya kita hormati dan muliakan sebagaimana orangtua kandung kita. Merekalah mertua kita.

Irham Sya'roni said...

@rizki_ris Benar sekali, Mbak Ririz. Dah punya mertua atau segera punya mertua nih? hehe

Irham Sya'roni said...

@outbound malang Makasih kunjungannya, Sobat. Salam sukses juga buat Anda.

sweethy said...

Saya juga selalu berusaha jadi menantu yang baik. Semoga selalu diberikan kelancaran oleh Allah dalam membina hubungan baik dengan mertua, karena mertua adalah orang tua kita juga.

Irham Sya'roni said...

@sweethy Amin... ya Allah, semoga kita semua menjadi menantu yg baik dan selalu mendapat ridha mereka semua (kedua orangtua).