ads
Friday, August 3, 2018

August 03, 2018

Tak ada gading yang tak retak, demikian pepatah yang menegaskan bahwa sebaik apa pun kita pastilah terselip (sedikit atau banyak) ketidaksempurnaan. Pepatah ini kompatibel juga dengan ketidaksempurnaan karya manusia. Sebaik apa pun karya manusia, pastilah terselip ketidaksempurnaan di sana.
Salah satu karya manusia adalah buku. Tak ada satu pun buku di jagat ini yang sempurna 100% tanpa cacat atau kekurangan sedikit saja. Termasuk Buku Siswa “Sejarah Kebudayaan Islam” Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah yang diterbitkan oleh Direktorat Pendidikan Madrasah – Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Tahun 2016.


Dalam buku tersebut di halaman 17 tertulis “Perjalanan hidup Nabi Ibrahim, Siti Hawa (istrinya), dan Nabi Ismail (putranya) membuahkan sejumlah ajaran dan kebudayaan Islam yang …”. Kita tahu bahwa Siti Hawa atau Sayyidah Hawa bukanlah istri Nabi Ibrahim, melainkan istri Nabi Adam ‘alaihissalam. Seharusnya, istri Nabi Ibrahim yang dimaksud dalam kalimat tersebut adalah Siti Hajar.
Catatan ini semoga menjadi koreksi bagi penulis buku tersebut sehingga dalam cetakan/edisi berikutnya bisa dilakukan revisi atau perbaikan.

0 comments: