ads
Sunday, November 6, 2016

November 06, 2016
8

Orang yang pertama kali berkhitan adalah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam. Para ulama berbeda pendapat tentang usia Nabi Ibrahim saat berkhitan. Namun, yang terkenal adalah usia 80 tahun. Beliau berkhitan dengan menggunakan kapak.
Bagaimana dengan para nabi sebelum Nabi Ibrahim? Menurut al-Imam Jalaluddin as-Suyuthi dalam al-Hawi lil Fatawi, para nabi sebelum Nabi Ibrahim dilahirkan sudah dalam keadaan dikhitan.
Hukum khitan ini wajib bagi setiap muslim laki-laki, lho. Kalian sudah dikhitan apa belum?

Sekilas Tentang Nabi Ibrahim
Nabi Ibrahim mendapat julukan Abul Anbiya’, yang berarti ‘bapak para nabi’, karena kebanyakan para nabi dan rasul setelah Nabi Ibrahim berasal dari keturunan beliau.
Nabi Ibrahim adalah bapak dari dua orang nabi yaitu, Ismail dan Ishaq. Dari keturunan Nabi Ismail lahirlah Nabi Muhammad shallahu ‘alaihi wasallam, sedangkan Nabi Ishaq memiliki anak bernama Nabi Ya’qub. Dari Nabi Ya’qub lalu lahirlah Nabi Yusuf.
Inilah keistimewaan Nabi Ibrahim; anak, cucu, dan cicit beliau semuanya adalah para nabi.
Selain kisah ujian dari Allah agar Nabi Ibrahim menyembelih Ismail, ada banyak kisah lain dari beliau yang sangat terkenal. Di antaranya adalah kisah Nabi Ibrahim yang tidak mempan dibakar oleh Raja Namrud. Beliau dibakar karena telah menghancurkan berhala-berhala sembahan kaumnya dan mengajar mereka menyembah Allah.

Beliau mendapat julukan yang sangat istimewa, yaitu khalilullah yang berarti kekasih Allah. Beliau juga termasuk salah satu dari lima rasul ulul azmi, yang sering disingkat NIMIM (Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan Muhammad).


8 comments:

Maman Achman said...

Subhanllah sungguh istimewa Nabi Ibrahim ya Pak, semua anak cucu dan keturunannya adalah nabi... Pantas di sebut bapak para nabi.

eksak said...

Ngeri pake kampak. Nanya, Tad ... kalo nabi Ismail dikhitan umur berapa?

Irham Sya'roni said...

Dalam beberapa catatan sejarah disebutkan, Nabi Ismail dikhitan pada usia 13 tahun, sedangkan Nabi Ishaq pada usia 7 tahun.Wallahu a'lam.

Irham Sya'roni said...

Semoga kita bisa meneladaninya, ya, Kang Maman... Anak cucu kita menjadi orang-orang yang shalih.

memoar biru blog said...

tradisi khitan kemudian mendunia... ^_^

M Firdaus said...

beruntung pas sya dlu ndak pake' kapak Mas apalagi kapak 121 :)
baru tau klu orng yg pertama kali berkhitan itu Nabi Ibrahim. Nice post Mas

Irham Sya'roni said...

dan itu menjadi salah satu ajaran suci dalam Islam. :)

Irham Sya'roni said...

Kapak 121 atau 212, Mas? :)