
Ada
beberapa nama ulama yang mempunyai sebutan sama, tapi sebenarnya
orangnya berbeda. Tentu sebagai pecinta ilmu, selayaknya tak salah dalam
mengenali mereka. Diantara nama-nama ulama itu adalah:
Ibnu Taimiyyah
Pertama,
Ibnu Taimiyyah Fachruddin Abu Abdillah Muhammad bin al-Khidhir bin
Muhammad bin al-Khidhir bin Ali bin Taimiyyah al-Harrani al-Hanbali.
Beliau lahir tahun 542 H dan wafat tahun 622 H.
Beliau mempunyai kitab “at-Tafsir al-Kabir”, Targhib al-Qashi fi al-Fiqh”.
Ibnu Taimiyyah Taqiyuddin yang sering disebut sebagai Syeikhul Islam
(w. 728 H) bertemu nasabnya dengan Ibnu Taimiyyah Fachruddin ini pada
al-Khidhir bin Muhammad, atau bisa dikatakan bahwa Ibnu Taimiyyah
Fachruddin ini termasuk paman jauh dari Ibnu Taimiyyah Taqiyuddin.[1]
Kedua,
Ibnu Taimiyyah Majduddin Abu al-Barakat al-Jadd. Beliau adalah
Abdussalam bin Abdullah bin al-Khidhir bin Muhammad bin Taimiyyah
al-Harrani, seorang faqih Madzhab Hanbali, ahli hadits, dan mufassir.
Lahir di Harran tahun 590 H.
Beliau inilah pengarang kitab “al-Muntaqa min Ahadits al-Ahkam”, kitab yang nantinya disyarah oleh Imam as-Syaukani (w. 1255 H) dalam kitab “Nail al-Authar”. Kitab Ibnu Taimiyyah al-Jadd yang lain adalah “al-Muharrar fi al-Fiqh”. Ibnu Taimiyyah al-Jadd ini adalah kakek dari Ibnu Taimiyyah Taqiyuddin (w. 728 H).[2]
Ketiga,
Ibnu Taimiyyah Syihabuddin al-Walid. Nama lengkapnya adalah AAbdul
Halim bin Abdussalam bin Abdullah bin al-Khidhir bin Taimiyyah
al-Harrani. Beliau lahir tahun 628 H dan wafat 682 H. Beliau termasuk
ikut andil dalam penulisan kitab al-Muswaddah, kitab yang ditulis oleh
tiga orang yaitu Ibnu Taimiyyah Taqiyuddin, bapaknya dan kakeknya.[3]
Keempat,
Ibnu Taimiyyah Taqiyuddin Abu al-Abbas Syeikhul Islam. Nama lengkapnya
adalah Ahmad bin Abdul Halim bin Abdussalam bin Abdullah bin Abu
al-Qasim al-Khidhir an-namiri al-Harrani ad-Dimasyqi al-Hanbali. Beliau
lahir di Harran tahun 661 H dan wafat di Damaskus tahun 728 H.
Kitab yang beliau karang diantaranya “Iqtidha’ as-Shirath al-Mustaqim”, “ar-Risalah at-Tadmuriyyah”, “al-Aqidah al-Wasithiyyah”, “Majmu’ al-Fatawa”.[4]
Ibnu Rusyd
Pertama,
Ibnu Rusyd al-Jadd Abu al-Walid Muhammad bin Ahmad bin Rusyd al-Maliky,
kakek dari Ibnu Rusyd al-Failasuf. Beliau lahir tahun 450 H dan wafat
tahun 520 H di Cordoba, termasuk ulama fiqih madzhab Maliky di Cordoba.
Karya beliau diantaranya kitab “al-Bayan wa at-Tahshil”, “al-Muqaddimat al-Mumahhadat”.[5]
Kedua,
Ibnu Rusyd al-Hafidz al-Failasuf Abu al-Walid Muhammad bin Ahmad bin
Muhammad bin Rusyd al-Andalusi. Beliau termasuk ahli fiqih Madzhab
Maliky, dokter, fisikawan, ahli filsafat yang banyak menerjemahkan dan
mengkritisi karya Aristotales, lahir tahun 520 H dan wafat tahun 595 H.
Karya fenomenal beliau adalah kitab “Bidayat al-Mujtahid”, selain itu ada kitab “Fashlu al-Maqal”, “Tahafut at-Tahafut”.[6]
Ibnu Katsir
Pertama,
Ibnu Katsir al-Makkiy; salah seorang Ahli Qira’at Sab’ah yang
mutawatir. Beliau adalah Abdullah bin Katsir bin Umar bin Abdullah bin
Zadan al-Makkiy, termasuk golongan Tabi’in. Beliau lahir tahun 45 H di
Makkah dan wafat disana pula tahun 120 H.[7]
Kedua,
Ibnu Katsir Ismail bin umar bin Katsir bin Dhowwa al-Bashri ad-Dimasyqi
Abu al-Fida Imaduddin. Beliau termasuk ulama ahli tafsir, sejarawan dan
hafidz, lahir tahun 701 H di Syam dan wafat di Damaskus pada tahun 774
H.
Karya terkenal beliau adalah “al-Bidayah wa an-Nihayah”, “Tafsir al-Qur’an al-Karim”, “Jami’ al-Masanid”.[8]
Ibnu al-Arabi dan Ibnu Arabi
Pertama,
Ibnu al-Arabi (dengan Al-) al-Maliky. Nama lengkap beliau adalah
Muhammad bin Abdullah bin Muhammad al-Ma’arify al-Isybily al-Maliky atau
yang lebih terkenal dengan sebutan Abu Bakar Ibnu al-Arabi al-Qadhi,
lahir di Isybiliyah tahun 468 H dan wafat tahun 543 H.
Beliau termasuk ulama besar dari Madzhab Maliky, karyanya diantaranya “Ahkam al-Qur’an”, “al-Awashim min al-Qawashim”.[9]
Kedua,
Ibnu Arabi (tanpa Al-) as-Shufi. Nama lengkap beliau adalah Muhammad
bin Ali bin Muhammad bin Arabi bin at-Tha’i al-Andalusi atau yang lebih
terkenal dengan sebutan Abu Bakar al-Hatimi atau Muhyiddin Ibnu Arabi.
Beliau
adalah tokoh sufi dan teologi yang disebut-sebut pencetus paham wihdat
al-wujud, lahir di Andalusia tahun 560 H dan wafat tahun 638 H.
Karya beliau yang terkenal adalah “al-Futuhat al-Makkiyyah”, “Fushush al-Hikam”, “al-Washaya”.[10]
As-Subki
Pertama,
as-Subki TAQIYUUDIN Ali bin Abdul Kafi bin Ali Tamam as-Subki
al-Anshari al-Khazraji Abu al-Hasan, beliau berlaqab Syeikh al-Islam.
Taqiyuddin as-Subki ini adalah bapak dari Tajuddin as-Subki, pengarang
kitab Thabaqat as-Syafiiyyah. Beliau lahir tahun 683 H dan wafat 756 H.
as-Subki diambil dari nama tanah kelahirannya, yaitu Subki di daerah
Mesir.
Beliau adalah penulis kitab “Syifa as-Saqam fi Ziyarat Khairi al-Anam”, atau dengan nama lain “Syannu al-Gharah ala man Ankara az-Ziyarah” kitab yang disebut-sebut sebagai bantahan terhadap Ibnu Taimiyyah (w. 728 H) terhadap masalah ziarah kubur Nabi[11].
Kedua,
as-Subki TAJUDDIN Abdul Wahab bin Ali bin Abdul Kafi as-Subki Abu
Nashr, beliau berlaqab Qadhi al-qudhat. Beliau lahir di Kairo tahun 727 H
dan hijrah ke Damaskus dan wafat tahun 771 H.
Beliau adalah penulis kitab “Thabaqat as-Syafi’iyyah”, “Mu’id an-Niam”, “Jam’u al-Jawami’ fi Ushul al-Fiqh”.[12]
Ketiga,
as-Subki BAHA’UDDIN Ahmad bin Ali bin al-Kafi as-Subki Abu Hamid.
Beliau lahir tahun 719 H dan menjadi qadhi Syam tahun 762 H, wafat di
Makkah tahun 763 H. Diantara karya tulisannya adalah “Arus
al-Afrah”.[13]
Keempat,
as-Subki salah seorang Ulama al-Azhar yang bermadzhab Maliky. Nama
lengkapnya adalah Mahmud bin Muhammad bin Ahmad bin Khattab as-Subki
al-Maliky. Beliau lahir tahun 1274 H dan wafat tahun 1352 H atau sekitar
tahun 1933 M. Karya terkenal beliau adalah kitab “ad-Din al-Khalish”, “al-Manhal al-‘Adzb al-Maurud, syarah Sunan Abi Daud”.[14]
Al-Alusi
Pertama,
al-Alusi al-Kabir Syihabuddin Abu as-Tsana’, Mahmud bin Abdullah
al-Husain al-Alusi. Beliau seorang ahli tafsir, ahli hadits, sastrawan
dan ulama Baghdad, lahir tahun 1217 H dan wafat tahun 1270 H. Karya yang
terkenal dari beliau adalah ”Ruh al-Ma’ani”.
Kedua,
al-Alusi Nu’man bin Mahmud bin Abdullah Abu al-Barakat, lahir tahun
1252 H dan wafat tahun 1317 H di Baghdad. Kitab yang terkenal dari
beliau adalah “Jala’ al-Ainain fi Muhakamat al-Ahmadain”, “al-Ayat al-Bayyinat fi Hukmi Sama’ al-Amwat Inda al-Hanafiyyah as-Sadat”.
Ketiga,
al-Alusi Abu al-Ma’ali Mahmud Syukri bin Abdullah bin Syihab ad-Din
Mahmud. Beliau adalah cucu dari al-Alusi al-Kabir Syihabudiin. Beliau
lahir di Baghdad tahun 1273 H dan wafat disana pula pada 1342 H.
Karangan beliau yang cukup terkenal adalah “Bulugh al-Arib fi Ahwal al-Arab”, Mukhtashar at-Tuhfah al-Itsna Asyariyyah”, “Tarikh Najd”.
Ibnu al-Atsir
Pertama,
Ibnu al-Atsir al-Muarrikh/ Sejarawan. Nama lengkapnya adalah Ali bin
Muhammad bin Abdul Karim bin Abdul Wahid as-Syaibani al-Jazari Abu
al-Hasan Izzuddin Ibnu al-Atsir al-Muarrikh, lahir di sekitar daerah
Mushil tahun 555 H dan wafat tahun 630 H.
Ibnu al-Atsir ini yang mengarang kitab “al-Kamil fi at-Tarikh”, “Usdu al-Ghabat fi Ma’rifat as-Shahabat”, “al-Lubab”.[15]
Kedua,
Ibnu al-Atsir Majdu ad-Din Abu as-Sa’adat. Nama lengkapnya adalah
Mubarak bin Muhammad bin Muhammad bin Abdul Karim as-Syaibani al-Jazari,
seorang muhaddits, ahli bahasa dan ushul fiqih. Beliau lahir tahun 544
H dan wafat tahun 606 H.[16]
Karangan yang terkenal dari beliau adalah “an-Nihayat fi Gharib al-Hadits”, “Jami’ al-Ushul fi Ahadits ar-Rasul”.
Ketiga,
Ibnu al-Atsir al-Katib. Nama lengkapnya adalah Nashrullah bin Muhammad
bin Muhammad bin Abdul Karim as-Syaibani al-Jazari Abu al-Fath Dhiya
ad-Din. Beliau lahir tahun 558 H dan wafat tahun 637 H di Baghdad.
Beliau banyak menulis kitab tentang sastra, misalnya “al-Matsal as-Sair fi Adab al-Katib wa as-Syair”, “al-Jami’ al-Kabir fi Shina’at al-Mandzum wa al-Mantsur”.[17]
At-Thabari
Pertama,
Ibnu Jarir at-Thabari. Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Jarir bin
Yazid at-Thabari Abu Ja’far, lahir di Thabaristan tahun 224 H lalu
bermukim dan Baghdad dan wafat disana tahun 310 H.
Thabaristan
sendiri adalah sebuah daerah yang terletak di sekitar utara Negri Iran
saat ini. Kata Thabaristan berasal dari bahasa Persia, -istan mempunyai arti Negri. Thabari secara bahasa artinya kapak, atau alat yang digunakan untuk memotong kayu.
Karya beliau yang terkenal adalah Tafsir Thabari, atau yang bernama “Jami’ al-Bayan fi Tafsir al-Qur’an”, dan“Tarikh at-Thabari”.[18]
Kedua,
at-Thabari Muhibbuddin Ahmad bin Abdullah bin Muhammad at-Thabari Abu
al-Abbas, seorang hafidz, faqih dari madzhab Syafi’i. Beliau lahir tahun
615 H dan wafat tahun 694 H.[19]
Beliau menulis kitab “Dhakhair
al-‘Uqba fi Manaqib Dzawi al-Qurba”, “ar-Riyadh an-Nadhirah fi Manaqib
al-Asyrah”, “as-Simthu as-Tsamin fi Manaqib Ummahat al-Mu’minin”.
Ketiga,
at-Thabari Thahir bin Abdullah bin Thahir at-Thabari Abu at-Thayyib
as-Syafi’i. Beliau lahir di Thabaristan tahun 348 H lalu hidup di
Baghdad dan wafat disana tahun 450 H. Karangan beliau yang cukup
terkenal adalah“Syarah Mukhtashar al-Muzani”.[20]
Al-Bushiri
Pertama,
al-Bushiri as-Syair. Beliau adalah Muhammad bin Said bin Hammad bin
Abdullah as-Shanhaji al-Bushiri al-Mishri Syarafuddin. Bushiri sendiri
adalah salah satu daerah di Mesir. Beliau adalah pengarang syiir
terkenal “al-Burdah”, syiir pujian kepada Nabi. Beliau lahir tahun 608 H
dan wafat tahun 696 H di Iskandariyyah.[21]
Kedua,
al-Bushiri al-Muhaddits. Beliau adalah Ahmad bin Abu Bakar bin Ismail
bin Salim bin Qaimaz Utsman al-Bushiri al-Kinani as-Syafi’i. Lahir di
Mesir tahun 762 H dan wafat tahun 840 H.
Karangan yang terkenal dari beliau adalah “Mishbah az-Zujajah fi Zawaid Ibn Majah”.[22]
As-Syathibi
Pertama,
as-Syathibi al-Maliky. Nama lengkapnya adalah Ibrahim bin Musa bin
Muhammad al-Lakhmi al-Gharnathi, seorang ahli Ushul Fiqih dan ulama
madzhab Maliky, wafat tahun 790 H.
Kitab beliau tak asing bagi kita, diantaranya “al-I’tisham”, “al-Muwafaqat”.[23]
Kedua,
as-Syathibi ahli Qira’at. Beliau adalah Muhammad bin Sulaiman bin
Muhammad al-Ma’afiri Abu Abdillah as-Syathibi. Beliau lahir tahun 585 H
dan wafat di Iskandariyyah tahun 672 H.
Kitab beliau yang terkenal adalah “al-Lum’ah
al-Jami’ah fi Tafsir al-Qur’an”, “Syaraf al-Maratib wa al-Manazil fi
al-Qira’at”, “an-Nubadz al-Jaliyyah fi Alfadz ishthalaha alaiha
as-Shufiyyah”.[24]
Al-Hakim
Pertama,
al-Hakim al-Kabir. Beliau adalah Muhammad bin Muhammad bin Ahmad bin
Ishaq Abu Ahmad an-Naisaburi al-Karabisi, seorang ulama hadits dari
Khurasan lahir tahun 285 H dan wafat tahun 378 H di Naisabur. Kitab
beliau diantaranya “al-Asma’ wa al-Kuna”, “al-‘Ilal”.[25]
Kedua,
al-Hakim an-Naisaburi. Beliau adalah Muhammad bin Abdullah bin
Hamdawaih bin Naim an-Naisaburi Abu Abdillah, termasuk ulama hadits
juga, lahir di Naisabur tahun 321 H dan wafat disana pula tahun 405 H.
Karya beliau sangat banyak, diantaranya “al-Mustadrak ala as-Shahihain”, “Tarikh Naisabur”, “al-Iklil”, “al-Madkhal ila Ilmi as-Shahih”, “Fadhail as-Syafi’i”.[26]
Masih banyak ulama lain yang belum disebutkan disini, Semoga ada kesempatan untuk melanjutkannya.
Footnote:
[1] Shalahuddin Khalil as-Shafadi (w. 764 H), al-Wafi bi al-Wafayat, hal. 3/37
[2] Khairuddin az-Zirikly (w. 1396 H), al-A’lam, hal. 4/6
[3] Ibnu Rajab al-Hanbali (w. 795 H), Dzail Thabaqat al-Hanabilah, hal. 2/310
[4] Ada beberapa kitab yang secara spesifik menulis biografi Ibnu Taimiyyah, salah satu yang terkenal adalah kitab “al-Uqud ad-Durriyyah” karya Muhammad bin Ahmad bin Abdul Hadi bin Quddamah al-Maqdisi
[5] Khairuddin az-Zirikly (w. 1396 H), al-A’lam, hal. 5/316
[6] Khairuddin az-Zirikly (w. 1396 H), al-A’lam, hal. 5/318
[7] Khairuddin az-Zirikly (w. 1396 H), al-A’lam, hal. 4/115
[8] Al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalani (w. 852 H), Ad-Durar al-Kaminah, hal. 1/373
[9] Khairuddin az-Zirikly (w. 1396 H), al-A’lam, hal. 6/230
[10] Khairuddin az-Zirikly (w. 1396 H), al-A’lam, hal. 6/281
[11] Tajuddin as-Subki (w. 771 H), Thabaqat as-Syafiiyyah, hal. 6/146
[12] Al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalani (w. 852 H), Ad-Durar al-Kaminah, hal. 2/425
[13] Al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalani (w. 852 H), Ad-Durar al-Kaminah, hal. 1/210
[14] Khairuddin az-Zirikly (w. 1396 H), al-A’lam, hal. 7/186
[15] Khairuddin az-Zirikly (w. 1396 H), al-A’lam, hal. 4/331, Ibnu al-Imad Abdul Hay bin Ahmad (w. 1089 H),Syadzarat ad-Dzahab, hal. 5/128
[16] Ibnu Khallikan Abu al-Abbas Syamsuddin Ahmad bin Muhammad bin Abu Bakar, Wafayat al-A’yan, hal. 1/44, Khairuddin az-Zirikly (w. 1396 H), al-A’lam, hal. 5/272
[17] Khairuddin az-Zirikly (w. 1396 H), al-A’lam, hal. 8/31
[18] Khairuddin az-Zirikly (w. 1396 H), al-A’lam, hal. 6/69
[19] Tajuddin as-Subki (w. 771 H), Thabaqat as-Syafiiyyah, hal. 5/8
[20] Tajuddin as-Subki (w. 771 H), Thabaqat as-Syafiiyyah, hal. 3/176
[21] Khairuddin az-Zirikly (w. 1396 H), al-A’lam, hal. 6/139
[22] Abdurrahman bin Abu Bakar as-Suyuthi (w. 911 H), Husnu al-Muhadharah, hal. 1/206
[23] Muhammad Abdul Haiy al-Kattani (w. 1382 H), Fihris al-Faharis, hal. 1/134
[24] Shalahuddin Khalil as-Shafadi (w. 764 H), al-Wafi bi al-Wafayat, hal. 3/128
[25] Khairuddin az-Zirikly (w. 1396 H), al-A’lam, hal. 7/20
[26] Khairuddin az-Zirikly (w. 1396 H), al-A’lam, hal. 6/227
Ditulis oleh Ust. Hanif Luthfi, S.Sy di www.rumahfiqih.com
No comments:
Post a Comment