ads
Friday, August 30, 2013

August 30, 2013

Allah Swt berfirman:

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

"Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)." (QS: Huud Ayat: 6)

Tidak hanya binatang melata, tetapi termasuk kita manusia juga dijamin rezekinya oleh Allah Swt. Cuma, masalahnya seringkali kita memaknai ayat tersebut secara "jahulan" (secara sangat amat bodoh). Kok bisa? Iya, karena ketika disebut kata "rezeki", yang ada dalam pikiran kita hanyalah tumpukan uang atau duit dengan jumlah yang fantastis. Atau, kendaraan mewah yang berjumlah banyak.

Sesempit itukah rezeki? Ternyata tidak! Sejatinya apa pun pemberian Allah itu adalah rezeki. Udara yang kita hirup setiap detik adalah rezeki. Kesehatan adalah rezeki. Bumi untuk berpijak adalah rezeki. Bahkan, bulu hidung yang terlihat remeh sekali itu pun adalah rezeki. Coba kita bayangkan andai hidung kita tidak mempunyai filter berupa bulu-bulu halus di dalamnya? Bayangkan apa yang akan terjadi?

Jelas sekali, Allah telah menjamin rezeki siapa pun makhluk-Nya yang hidup di muka bumi ini.

Wah, kalau begitu tidak usah bekerja donk?!

Eit, secara syari'at Allah dan Rasul-Nya tetap memerintahkan kita agar berusaha menjemput rezeki itu. Sampai-sampai dalam surat al-Jumu'ah disebutkan:

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

"Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung." (QS: Al-Jumuah Ayat: 10)

Setelah berusaha sekuat tenaga dan pikiran serta sebaik-baiknya, selanjutnya kita serahkan semua hasilnya kepada Allah. Dia-lah yang menentukan apa pun yang dikehendaki-Nya. Bertawakallah!


{وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا. وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ، وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ}

“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan memberikan baginya jalan ke luar (bagi semua urusannya). Dan memberinya rezki dari arah yang tidada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (segala keperluan)nya.” (QS ath-Thalaaq:2-3)

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

"Dengan nama Allah aku bertawakkal kepada Allah; tidak ada daya dan kekuatan, kecuali Allah."

Selamat beraktivitas menjemput rezeki. Semoga Allah melimpahkan keberkahan dan keridhaan-Nya kepada kita. aamiin. 

0 comments: