ads
Saturday, July 13, 2013

July 13, 2013
12

Imsak berasal dari bahasa Arab amsaka-yumsiku-imsak, yang berarti berpuasa atau menahan diri dari segala yang membatalkan puasa. Ketika saya menyebut diri sedang imsak, berarti saya sedang tidak makan, tidak minum, dan lain-lain yang membatalkan puasa.

Tetapi, di negara nan unik ini (Indonesia), kata imsak sudah berubah makna, bahkan salah kaprah. Kata "imsak" lebih populer untuk menyebut sebuah seruan atau waktu sekira 10 menit sebelum Subuh. Di masjid-masjid atau mushalla-mushalla juga stasiun-stasiun radio akan menyerukan itu pada Ramadhan sekira 10 menit sebelum Subuh. "Imsaaaaaakkkkk..... Imsaaaaaakkkk...." Terdengar sangat lantang dan nyaring.

Apakah berarti start kita memulai puasa adalah sejak seruan imsak tersebut?

Tidak! Sekali lagi, ini hanyalah salah kaprah yang terjadi dan memasyarakat di negeri kita. Imsak yang diserukan sekira 10 menit sebelum Subuh itu senyatanya sekadar warning bagi kita agar bersiap-siap menyambut start puasa. Jadi, seruan imsak bukanlah start itu sendiri. Ibarat traffic light, imsak adalah lampu kuning, yang berarti berhati-hatilah atau bersiap-siaplah bahwa sebentar lagi akan menyala lampu merah; sebentar lagi akan dimulai waktu berpuasa. Inilah salah satu keunikan yang tidak dimiliki oleh negeri lain.

So, ketika mendengar seruan "Imsaaakkk.... Imsaaakkk....", tidak apa-apa jika kita terus melanjutkan makan, minum, dan sebagainya. Ketika adzan Subuh berkumandang, barulah saat itu bendera start berpuasa dikibarkan. Mulai Subuh sampai Maghrib inilah waktu yang terbentang bagi kita untuk berpuasa.


12 comments:

Mas Huda said...

saya kalau mau subuh itu membiasakan minum air putih pak

Irham Sya'roni said...

Alhamdulillah... Kalau saya sukanya pas sahur itu susu putih, Mas. seger rasanya. Apa pun minumannya, yg penting lancar puasanya, ya, Mas.

Musafir_dunia_maya said...

Assalamu 'alaikum mas/gus? Maaf kalau salah atau kurang sopan.

Salam kenal dan salam hormat dari saya.
Alhamdulillah gra2 sya tdi nyari2 jwban di gogel tntng shalat sunnah stlh witir sya temukan blog njenegan. Dan stlah sya bca mskipun hnya bbrapa tapi hati sya mrasa tntram damai mmbaca artikelnya.

Izin nyimak dan sesekali bertanya mas.

Terima kasih

ardi said...

Saya juga air putih, biasa minum susu itu kalau buka, susu dingin, segerrrrrr

Irham Sya'roni said...

Alhamdulillah, ya, Mas, kita masih diberi rezeki dan umur panjang untuk merasakan nikmatnya berpuasa.

Irham Sya'roni said...

Wa'alaikumussalam warahmatullah.
Terima kasih atas kunjungannya, Mas. Salam persaudaraan. Alhamdulillah jika tulisan2 ringan di blog ini bermanfaat. Monggo, silakan jika ingin menyimak atau bertanya. Nuwun

Mr. G said...

Bermanfaat sekali pengertian tentang Imsak ini mas, moga banyak yang baca biar tidak salah kaprah dalam memahami kata Imsak.

Unknown said...

Whaha bener banget mas di daerah saya juga di mesjid suka ada yang bilang gini "Waktos parantos tabuh 04:10 . 10 menit deui waktos na imsak"
sepuluh menit kemudian "Imsak.. Imsak..." Haha jujur saja saya baru tahu arti imsak yang sebenarnya itu seperti apa :) hihi

Unknown said...

Wah saya jadi tahu imsyak dengan lampu kuning dan akan nyala lampu merah ...berarti puasa sudah di mulai....matur nuwun mas nggeh

Irham Sya'roni said...

Alhamdulillah jika ternyata bermanfaat, Mas.

Irham Sya'roni said...

Yang bahasa Sunda itu artinya apa, Mas? :)

Irham Sya'roni said...

Sama-sama, terima kasih kembali, Mas Trik Pos. :)